Melaporkan Blog Spam ke Blogger


Melaporkan Blog Spam ke Blogger - Spammer... Mungkin itu benar-benar menjadi musuh nyata bagi Anda di dunia maya ini. Namun apa sebenarnya arti spam itu sendiri, kok saya sangat sering melihat kalimat, "kamu spam!", "jangan nyepam disini!" di shoutmix saya. Mari kita pelajari dan jika memang sesuai pemikiran Anda, kita bisa mengambil tindak lanjut...


Spam Menurut Wikipedia
Menurut wikipedia sendiri, Spam didefinisikan sebagai berikut:
"Spam yang bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain."
Jika kita membaca lebih jauh keterangan panjang dari wikipedia, ada 3 point penting yakni: datang tidak dikehendaki, bertubi-tubi dan merugikan.

Sedangkan, Blog Spam Menurut Google...
Di wikipedia sendiri disebutkan salah satu bentuk spam adalah blog spam. Lalu apa blog spam itu sendiri, mari kita simak kutipan Google..

"Seperti banyak tools canggih, blogging layanan dapat baik digunakan dan disalahgunakan. Kemudahan membuat dan memperbarui halaman Web dengan Blogger telah membuatnya menjadi sangat rentan terhadap bentuk perilaku yang dikenal sebagai link spamming. Blog terlibat dalam perilaku ini disebut spam blog, dan dapat diakui oleh teks mereka tidak relevan, berulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan sejumlah besar link, biasanya semua menunjuk ke satu situs."
Jelas sekali dari penggalan di atas Google sangat membenci blog spam. Ada beberapa point penting yakni: konten yang tidak relevan, konten ynag berulang (bisa jadi tak berujung), dan menanam banyak link.


Lalu, Dimana Posisi Blog Auto Content?
Blog auto content  menjadi perdebatan yang tak kunjung-kunjung selesai. Kita bisa mengambil beberapa baris kalimat dari selebaran Google. Misalnya pada penggalan yang saya sebut di atas, pada bagian berikut ini:

....dan dapat diakui oleh teks mereka tidak relevan, berulang, atau tidak masuk akal, bersama dengan sejumlah besar link, biasanya semua menunjuk ke satu situs.

Tampaknya kalimat tersebut cukup cocok menurut saya. Belum lagi, penggalan dari paragraf kedua selebaran Google seperti berikut ini:

....Mereka dapat menyumbat mesin pencari, sehingga sulit untuk menemukan konten yang nyata pada mata pelajaran yang Anda minati. Mereka mungkin mengikis konten dari situs lain di Web, dengan menggunakan tulisan orang lain agar terlihat seolah-olah mereka memiliki informasi berguna mereka sendiri. Dan jika sistem otomatis menciptakan posting spam pada tingkat yang sangat tinggi, dapat mempengaruhi kecepatan dan kualitas layanan untuk yang lain, pengguna yang sah.

Bahkan di paragraf kedua ini Google sangat menekankan bahwa blog seperti itu tidak baik. Menurut saya sendiri ini sudah menyalahi aturan Google, dunia internet dan sebagai seorang manusia. Mereka mengambil keuntungan dari orang lain dengan sangat mudah dan saya rasa jika ada dollar itupun tidak enak dimakan. Tapi kembali lagi, Ana buka anak Tk dan saya bukan orang tua Anda. Anda bisa menilai sendiri mana yang seharusnya bisa membuat hidup Anda dan orang lain "Nyaman".

Laporkan Blog Spam Ke Google
Google sendiri tidak tinggal diam menanggapi hal ini, namun memang mereka mengakui algoritma mereka belum cukup baik menahan peredaran blog spam di mesin pencari mereka. Anda bisa membantu mengupayakan melaporkan blog spam, namun ini juga sama sekali belum responsif karena Google lakukan pengecekan manual terhadap blog yang Anda laporan. Mereka juga meminta Anda hanya mengirimkan laporan sekali untuk satu blog, jangan diulang-ulang karena laporan Anda sudah masuk saat pertama kali mengirim. Tim Google akan mencoba me review untuk uji kelayakan. Berniat menggunakan jasa ini? Silahkan datang ke: Report Spam Google

Nyatanya memang cara pelaporan ini masih tidak efektif dan jarang membuahkan hasil. Sembari menunggu Google membenahi algoritmanya agar lebih baik, sebaiknya kita berkonsentrasi posting ketimbang sibuk marah-marah dan menggerutu tentang kelakuan blogger lain. Satu solusi menggunakan mesin pencari yang bebas dari blog spam adalah dengan mesin pencari di Masdoyok.com, namun saya membuatnya hanya khusus untuk mencari blog tutorial. Semoga bermanfaat... Ini sebagai penambah pengetahuan dan instropeksi diri......


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Melaporkan Blog Spam ke Blogger"

Ayoo Jangan Hanya Baca Aja, Jika Anda Adalah Komentator Terbaik, Anda akan mendapatkan Backlink Gratis!!
~~~~~~NO SPAM PILISSS~~~~~~

 
Template ReDesigned By ojioo Blog
Back To Top